Ada beberapa material yang perlu Anda siapkan untuk memasang suatu instalasi listrik, salah satunya adalah stop kontak. Maka dari itu, penting untuk memilih stop kontak yang bagus dan aman. Lalu bagaimana cara memilih stop kontak yang bagus tersebut? Berikut ini akan dibahas mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, simak yang di bawah ini!

Stop Kontak Adalah

Stop kontak merupakan material instalasi yang mempunyai fungsi sebagai tempat dari sumber listrik untuk mencolokkan steker dari alat-alat listrik. Stop kontak juga sering disebut sebagai kotak kontak atau lubang untuk colokan listrik. Umumnya stop kontak mempunyai dua lubang yang untuk menyambungkan atau mencolokkan steker dari berbagai peralatan listrik, misalnya saja TV, kipas angin, mesin cuci, kulkas, komputer dan lain sebagainya.

Memilih stop kontak sendiri tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih stop kontak yang bagus agar tidak mudah untuk rusak. Hal itu mengingat fungsi dari stop kontak yang sebagai tempat menyambungkan sumber listrik pada berbagai alat listrik dengan steker yang kadang dicolokkan lalu dilepas. Jika Anda sampai salah dalam memilih stop kontak bisa saja berakibat yang membahayakan, misalnya saja menghasilkan panas yang berlebihan serta mengeluarkan percikan api dari listrik yang bisa menyebabkan stop kontak tersebut gosong serta terbakar.

Tips Memilih Stop Kontak

  1. Perhatikan Harga

Banyak orang yang menginginkan untuk membeli sebuah barang yang memiliki kualitas bagus, namun dengan harga murah, termasuk ketika membeli stop kontak. Namun, berbanding lurus dengan harga, biasanya jika sebuah barang berharga murah, kualitasnya dibawah atau kurang dari barang dengan jenis yang sama namun harganya lebih mahal. Maka dari itu, Anda sebaiknya hindari jika ada orang yang menjual stop kontak dengan harga sangat murah. Sebaiknya Anda pilih stop kontak dengan harga menengah namun kualitasnya bagus.

  1. Perhatikan Merk

Cara memilih stop kontak yang bagus adalah melihat merk-nya. Dapat dikatakan jika stop kontak yang berasal dari produsen ternama atau merk-nya terkenal biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus. Nah, ini bisa menjadi acuan bagi Anda ketika sedang mencari stop kontak yang bagus. Misalnya saja Anda bisa memilih stop kontak yang merk-nya sudah umum digunakan oleh masyarakat.

  1. Perhatikan Bahan Plat Penjepit

Stop kontak yang mempunyai kualitas baik adalah yang menggunakan kuningan sebagai bahan plat penjepit. Hal itu karena kuningan baik dalam menghantarkan listrik. Berbeda dengan bahan plat penjepit yang dari besi atau seng yang kurang baik dalam menghantarkan listrik. Maka dari itu, saat akan membeli perhatikan mengenai keterangan yang ada di stop kontak, apakah menyatakan jika plat terbuat dari kuningan atau yang lainnya.

  1. Perhatikan Bodi Penutup

Bodi penutup mempunyai fungsi mencegah listrik mengalir ke tempat yang tidak diinginkan. Maka dari itu, bodi penutup biasanya dari bahan isolasi yang tidak bisa menghantarkan listrik. Nah, dalam memilih bahan penutup yang bagus dan aman, Anda bisa melihat bagaimana ketebalan dan kelenturannya. Tentu Anda harus pilih bahan yang tebal dan lentur sehingga lebih tahan panas serta tidak mudah terbakar dan pecah.

  1. Perhatikan Penjepit Arde

Pastikan jika stop kontak yang akan Anda beli sudah dilengkapi dengan plat penahan yang memiliki fungsi sebagai penghubung steker pada kabel arde. Plat arde yang dari bahan kuningan kokoh apabila ditekan serta dilepas akan bisa untuk kembali pada posisi yang semula.

  1. Perhatikan Kekuatan dari Plat Penjepit

Anda bisa mengetahui bagaimana kekuatan plat penjepit dengan memasukkan steker ke lubang stop kontak. Jika bagus biasanya steker akan lebih sulit untuk masuk maupun dicabut. Anda bisa melakukan beberapa kali untuk memastikan seberapa kuatnya cengkraman plat penjepit.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai beberapa cara memilih stop kontak yang bagus dan tentunya aman. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda!

Menu