Lampu LED saat ini memang banyak dijadikan sebagai penerangan ruangan-ruangan di rumah oleh banyak orang. Hal itu karena lampu yang satu ini mempunyai banyak keunggulan, salah satunya adalah hemat listrik. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk beralih ke lampu LED, sebaiknya ketahui dahulu mengenai pengertian dan tips memilih lampu LED secara tepat. Nah, di artikel ini akan membahas tentang hal-hal tersebut. Anda bisa simak di bawah ini!

Pengertian Lampu LED

LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode yang adalah komponen elektronika yang bisa memancarkan cahaya monochromatic saat diberi tegangan maju. LED adalah keluarga diode yang dibuat dengan bahan semikonduktor. Berbagai warna cahaya lampu LED tergantung dari jenis bahan semikonduktor yang digunakan. LED juga bisa untuk memancarkan sinar infrared atau inframerah yang tidak terlihat oleh mata seperti pada remote control TV maupun perangkat elektronik yang lain. Bentuk dari lampu LED hampir sama dengan bohlam kecil serta dapat dipasang dengan mudah pada banyak perangkat elektronika. LED tidak membutuhkan pembakaran filamen, tidak seperti lampu pijar, sehingga tidak memunculkan panas ketika menghasilkan cahaya. Maka dari itu, LED yang berbentuk kecil banyak digunakan untuk lampu penerang LCD TV, pengganti lampu tube.

Seperti yang dibicarakan di atas, sebelum Anda beralih pada lampu LED, sebaiknya Anda mengetahui tips memilihnya agar mendapatkan yang benar dan bagus. Oleh karena itu, berikut adalah pembahasan tips memilih lampu LED secara tepat tersebut. Mari simak!

Tips dalam Memilih Lampu LED agar Mendapatkan yang Tepat

  1. Pilih Lampu LED Warna yang Dibutuhkan

Tentukan warna cahaya lampu LED yang Anda butuhkan terlebih dahulu. Misalnya jika Anda lebih suka dan membutuhkan cahaya putih, maka bisa memilih lampu yang mempunyai ukuran 4000K – 5000K. Sedangkan jika Anda membutuhkan cahaya yang kekuningan, maka bisa memilih bohlam dengan ukuran 2700K.

  1. Pahami Dahulu tentang Watt dan Lumen

Tips yang kedua adalah Anda harus paham dahulu mengenai Watt dan Lumen. Watt sendiri adalah satuan pengukur dari konsumsi daya, sedangkan lumen merupakan satuan pengukur dari tingkat kecerahan cahaya. Sebelum beli lampu LED, sebaiknya Anda perhatikan berapa watt-nya. Itu karena semakin besar watt, maka daya konsumsi listrik akan semakin besar juga dan mengakibatkan tagihan listrik di rumah Anda bisa saja naik. Sementara, untuk lumen tergantung besaran lumen yang dipilih.

  1. Tentukan Jenis secara Benar

Anda harus menentukan jenis lampu LED mana yang diinginkan dan dibutuhkan. Apakah Anda ingin lampu dengan warna susu atau yang bening. Jika Anda memilih bohlam dengan warna susu, bahaya bisa tersebar di seluruh ruangan. Sedangkan jika Anda memilih yang bening, lampu dan kap dapat menciptakan pola bayangan pada dinding.

  1. Pilih yang Bisa Diredupkan

Lampu LED yang bagus adalah yang bisa untuk diredupkan oleh Anda atau konsumen lain. Dengan begitu, kapan saja Anda ingin untuk meredupkan lampu dapat dilakukan dan dikontrol dengan mudah dan sangat baik.

  1. Pilih yang dari Merk Terpercaya dan Berkualitas

Anda mengetahui mengenai berbagai merk ternama yang memproduksi serta menjual lampu LED memanglah bukan suatu hal yang salah. Hal itu karena biasanya produsen lampu yang sudah terkenal, akan lebih dipercaya oleh konsumen. Selain itu, merk yang sudah ternama umumnya sudah terbukti berkualitas baik.

Nah, itulah pengertian dan tips memilih lampu LED secara tepat. Bila Anda ingin membeli lampu LED, sebaiknya untuk mengikuti berbagai tips di atas agar lebih mudah dan mendapatkan yang bagus. Semoga bermanfaat!

Menu