Karena listrik termasuk salah satu kebutuhan banyak orang yang cukup penting di masa sekarang, makanya kabel listrik menjadi barang yang sering dipakai di kehidupan. Dari alat elektronik dari televisi, charger handphone sampai lampu menggunakan listrik semua. Dan tanpa kabel listrik, kalian pasti tidak akan bisa menikmati alat-alat elektronik tersebut.

Tips Aman saat Perbaiki Listrik

Hampir semua alat yang memakai listrik sangat rentan membuat kecelakaan karena salah sentuh atau bahkan kesalahan dan kelalaian ketika memperbaikinya. Makanya, lenting mengetahui bagaimana tips aman yang bisa kalian ikuti terkait keamanan memperbaiki listrik,

  1. Memakai Pelindung

Kalian harus memakai pelindung ketika mulai memperbaiki alat listrik tersebut, seperti memakai sarung tangan karet, sandal karet, dan peralatan listrik yang cukup baik serta terdapat isolator.

  1. Mengenali Alat Listriknya

Kalian harus mengetahui jenis alat listrik yang akan diperbaiki, dan lebih baik hindari memperbaiki alat listrik yang kalian belum paham atau belum tahu cara kerjanya. Jangan lupa membaca pedoman perbaikan sebelum kalian mulai memperbaiki alat listrik tersebut.

  1. Memutuskan Alat dari Sumber Listrik

Kalian harus memutuskan alat listrik dari sumber listrik dahulu, jadi sangat disarankan untuk menghindari memperbaiki alat listrik ketika masih terhubung dengan listrik. Cabut semua stop kontak dan memutuskan semua aliran listrik dahulu.

Macam-Macam Kabel Listrik

Biasanya berbagai jenis kabel listrik dilengkapi informasi seperti bahan pembuat, ukuran kabel, sampai tegangan kabel. Dan informasi ini berguna supaya kalian bisa memakai jenis kabel sesuai yang dibutuhkan. Dan di bawah ini adalah beberapa macam kabel listrik yang ada,

  1. Kabel NYY

Jenis ini biasanya digunakan sebagai instalasi tetap yang berada di dalam tanah, atau di lingkungan terbuka dengan perlindungan duct, pipa besi atau pipa PVC. Kabel ini mempunyai inti tembaga berisolasi PVC dan memiliki kontruksi kuat, terdapat anti gigitan tikus, serta harga lebih mahal.

  1. Kabel NYM

Biasanya jenis ini dipakai di rumah atau gedung. Memiliki inti kabel dari satu hingga empat inti serta terdapat lapisan isolasi PVC juga. Dan dengan lapisan isolasi, kabel ini dapat dipakai di tempat basah atau kering, serta mempunyai keamanan yang baik.

  1. Kabel NYA

Kabel jenis ini digunakan untuk instalasi kabel udara atau perumahan. Memiliki inti dari tembaga tunggal serta satu lapis bahan isolator PVC. Jika ingin menggunakan, jangan lupa memakai pelindung pipa PVC atau lainnya.

  1. Kabel NYYHY

Memiliki satu atau bisa lebih inti tembaga yang berserabut, serta mempunyai selubung luar berupa isolator dari PVC. Biasanya dipakai di dalam rumah karena fleksibel dan gampang dipasang.

  1. Kabel NYAF

Kabel ini memiliki fleksibel yang tinggi karena inti tembaga berbentuk serabut. Inti tunggalnya juga berisolasi satu lapis isolator PVC. Biasa digunakan di panel listrik dengan banyak lekukan, tapi sebaiknya jangan dipakai di lingkungan terbuka karena gampang terkelupas

  1. Kabel NYMHY

Memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut berupa isolasi PVC. Kabel ini memiliki 3 bagian, yaitu konduktor, isolator, dan pelindung luar. Biasa Nya digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga dibawah 900 watt.

  1. Kabel NYMHYO

Kabel ini juga memiliki lebih dari satu tembaga berserabut dengan bahan isolator PVC serta memiliki selubung luar juga. Biasanya digunakan pada peralatan audio. Dan tidak didesain untuk listrik arus besar melainkan hanya untuk didalam ruangan karena tak tahan cuaca.

  1. Kabel BC

Atau kabel Bare Core ini tidak memiliki lapisan isolator karena biasanya dipakai di instalasi penangkal petir serta dalam instalasi grounding. Disarankan menggunakan pelindung ketika memakainya.

Jangan lah pilih kabel listrik yang tidak sesuai karena akan bisa mengalami hal yang tidak diinginkan. Jadi, cari tahu kalian ingin menggunakan kabel dimana dan carilah yang cocok untuk itu.

Menu