Kabel listrik merupakan elemen yang sangat penting dan juga vital dalam mendistribusikan sumber daya listrik pada sebuah hunian. Selain sebagai sumber penerangan, sumber daya listrik juga  membantu segala kegiatan manusia. Baik dari aktifitas sehari-hari, aktivitas pekerjaan industri, sumber daya untuk perangkat elektronik, dan berbagai kebutuhan  manusia lainnya.  Sehingga, dalam pemilihannya anda perlu tahu dan  paham  berbagai macam jenis kabel listrik. Utamanya pemilihan jenis-jenis kabel listrik untuk instalasi rumah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian yang tidak terduga saat instalasi listrik. Sebab, jika anda salah dalam memilih jenis kabel, dapat berakibat fatal yang berujung membahayakan para penghuni rumah.

Di Indonesia sendiri segala komponen kelistrikan , utamanya  komponen listrik yang diperjual-belikan di pasaran seperti kabel listrik,  harus memenuhi persyaratan umum yakni sesuai dengan Standar Nasional Indonesia yang mana ditetapkan langsung oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Meski telah sesuai dengan standar, dalam penggunaannya komponen listrik harus disesuaikan dengan jenis dan fungsinya. Berikut jenis-jenis-jenis kabel listrik untuk instalasi rumah yang harus anda ketahui.

Jenis kabel listrik NYM

Jenis kabel NYM merupakan kabel yang terdiri atas 1 hingga 4 inti yang dilapisi   dengan lapisan isolasi PVC. Jenis kabel listrik ini sering digunakan untuk instalasi listrik pada rumah dan juga gedung perkantoran. Umumnya penggunaan kabel NYM untuk lingkungan yang kering atau permukaan basah, namun kabel NYM tidak boleh ditanam.

Lapisan isolasi PVC yang lebih tebal, menjadikan kabel listrik NYM memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Selain lebih aman, kabel NYM juga lebih hemat.

Jenis kabel listrik NYA

Kabel listrik NYA ini merupakan jenis kabel yang terbuat dari material tembaga tunggal yang berlapis PVC satu lapis sebagai isolator. Dengan warna seperti biru, hitam, merah, dan juga kuning. Kabel NYA juga memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil sekitar 1,5 mm2 hingga 2,5 mm2 yang sering digunakan untuk instalasi listrik di rumah, baik untuk instalasi lampu maupun instalasi stop kontak.

Memiliki inti tunggal dengan lapisan isolasi PVC satu lapis yang terbilang tipis, membuat kabel ini tak tahan air, mudah cacat dan juga mudah digigit tikus.

Jenis kabel listrik NYY

Jenis kabel listrik yang sering digunakan untuk instalasi rumah ialah kabel NYY. Kabel NYY dikenal sebagai kabel berlapis hitam, yang memiliki antara dua hingga empat inti. Umumnya kabel ini digunakan untuk instalasi kabel tanam, karena memiliki lapisan isolasi yang kuat. Selain itu kabel NYY juga tidak disukai oleh Tikus.

Karena memiliki lapisan isolator yang kuat, harga kabel listrik NYY terbilang cukup mahal. Tapi mahalnya harga sangat sebanding dengan kualitas kabel.

Jenis kabel listrik NYAF yang fleksibel

Kabel NYAF merupakan jenis-jenis kabel listrik untuk instalasi rumah. memiliki inti tunggal serta isolator satu lapis, kabel NYAF sangat cocok digunakan untuk instalasi  sambungan panel-panel listrik yang memiliki banyak lekukan karena kabel ini mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi.  Inti tembaga kabel jenis ini terbuat dari serabut sehingga lebih fleksibel.

NYAF termasuk jenis kabel listrik yang tidak mudah putus, akan tetapi kabel ini tidak disarankan untuk penggunaan luar ruangan atau tempat terbuka yang bersifat basah ataupun kering. Sebab lapisannya yang mudah terkelupas.

Jenis kabel listrik NYYHY

Jenis kabel listrik selanjutnya yaitu kabel NYYHY, yang lebih dikenal karena memiliki satu atau lebih inti tembaga berserabut yang dilapisi isolator berbahan PVC. Kabel NYYHY memiliki banyak fungsi dimana sering digunakan karena bersifat fleksibel dan mudah dipasang secara langsung.

Jenis kabel listrik ACSR

Kabel listrik ini jenis kabel yang terbuat dari material  aluminium  dengan inti kawat baja yang sering digunakan pada instalasi listrik yang berarus bear. Khususnya untuk hunian rumah berukuran besar ataupun untuk industri rumahan. Kegunaannya terbilang berbeda dari jenis kabel lainnya, dimana berfungsi dalam penghantar arus listrik dengan arus besar untuk antar menara distribusi listrik secara langsung.

Kabel ini dilengkapi dengan isolator yang bertujuan agar kabel listrik dapat menurunkan suhunya saat menghantarkan arus listrik besar.

Nah, itu tadi beberapa jenis kabel listrik untuk instalasi rumah. masing-masing jenis memiliki fungsinya masing-masing. Jadi, anda perlu untuk memahaminya saat membeli kabel listrik, agar penggunaannya sesuai dengan fungsi dan aman untuk penghuni rumah.

Menu