Lampu LED atau Light Emitting Diode saat ini telah menjadi tren pilihan lampu modern. Para pengguna lampu TL, neon, dan lampu pijar sekarang ini mulai beralih menggunakan LED. Hal ini karena lampu tersebut menawarkan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis lampu lainnya.

Lampu tersebut memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh lampu lainnya. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai keunikan lampu LED yang perlu diketahui.

Menggunakan Arus Listrik DC (Searah)

Masyarakat tentu sudah tidak asing lagi bahwa aliran listrik di rumah-rumah adalah jenis arus listrik AC atau arus listrik bolak balik. Berbeda dengan lampu listrik lainnya, LED adalah komponen elektronik yang diaktifkan oleh arus listrik searah atau arus DC. Jadi agar LED dapat menjadi lampu rumahan, lampu ini dilengkapi dengan perangkat penyearah arus untuk mengubah arus AC ke arus DC.

Lampu Tidak Gampang Pecah

Lampu listrik pada umumnya dilengkapi dengan penutup dari bahan kaca sehingga jika terjatuh lebih mudah pecah. Hal ini berbeda dengan LED yang bagian penutup lampunya terbuat dari plastic. Dengan bahan penutup tersebut, lampu ini bersifat lebih tahan banting. Sampai saat ini kerusakan penutup lampu sampai pecah pada LED adalah hal yang sangat jarang. Penutup lampu yang retak atau lepas adalah insiden yang cukup sering terjadi.

Lampu Masih Berfungsi Walaupun Pecah

Jika Anda kurang beruntung membeli LED yang memiliki tutup retak, lepas, atau pecah, Anda tidak perlu khawatir lampu tersebut tidak akan berfungsi. Pasalnya, jenis lampu ini tetap akan berfungsi dengan baik, bahkan meskipun tanpa tutup.

Lampu neon, lampu hemat energi, atau lampu pijar di dalamnya mengandung gas di selubung penutup lampu. Elemen gas tersebut juga berperan mengaktifkan lampu sehingga dapat menyala. Sementara itu LED tidak perlu gas tertentu agar dapat menyala. Jadi ketika penutup lampu mengalami kerusakan, lampu tersebut tetap akan berfungsi dengan baik.

Lebih Ramah Lingkungan

LED karena tidak mengandung gas yang berbahaya dapat menjadi pilihan penerangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Lampu ini juga menjadi komponen listrik yang sangat efektif. Energi listrik yang diterima lampu tersebut hampir semuanya akan diubah menjadi cahaya. Jadi ketika seseorang berlama-lama di ruangan yang menggunakan penerangan dari LED biasanya tidak akan merasa gerah atau panas karena sinar lampu

Menjadi Investasi Jangka Panjang Untuk Penerangan

LED dengan efektivitasnya yang tinggi dan tidak perlu gas membuatnya menjadi investasi penerangan untuk jangka panjang. Jenis lampu ini menawarkan masa pemakaian antara 15 ribu sampai 50 ribu jam.

Di kondisi terbaik, LED bahkan bisa hidup lebih lama dari angka yang telah disebutkan tadi. Coba saja bandingkan dengan penerangan hemat energi yang biasanya memiliki pasa pemakaian hanya sekitar 5 ribu jam atau jenis lampu pijar yang memiliki masa pemakaian antara 300 – 600 jam saja.

Dengan beberapa keunikan yang dimilikinya, tidak heran jika lampu tersebut menjadi primadona dibandingkan dengan jenis penerangan lainnya. Anda dapat memilih jenis lampu yang tepat dari distributor lampu LED untuk memenuhi kebutuhan penerangan di rumah Anda.

Jika Anda biasanya mengandalkan watt atau nilai daya untuk menentukan terang lampu yang diinginkan, Anda perlu memperhatikan nilai lumen ketika memilih LED. Perlu diketahui bahwa nilai watt lampu tersebut tidak menunjukkan seberapa terang lampu tersebut. Nilai watt lebih besar pada lampu LED belum menjamin bahwa lampu tersebut lebih terang dibandingkan LED merek lainnya.

Menu